VISI

VISI ; MEWUJUDKAN MASYARAKAT DAN KELUARGA YANG SAKINAH DAN SEJAHTERA DUNIA AKHIRAT

Rabu, 26 Januari 2011

TUGAS PEMBANTU PENGHULU / P3N

TUGAS PEMBANTU  PENGHULU ( P3N )

PENGERTIAN PEMBANTU PENGHULU


·                    Pemuka agama Islam di desa / kelurahan  yang ditunjuk dan diberhentikan oleh Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten / Kota atas nama Kepala Kantor Wilayah Departemen agama Provinsi atas usul Kepala Seksi Urusan Agama Islam / Kepala seksi yang sejenis pada Kantor Departemen Agama Kabupaten / Kota.
·                    Di setiap desa / kelurahan seluruh Indonesia dapat diadakan  Pembantu Penghulu.
·                    Pembantu Penghulu dalam melaksanakan kewajibannya berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan bertanggung jawab kepada Kepala KUA.

TUGAS POKOK  PEMBANTU PENGHULU


1.                 Membantu pelayanan  Nikah dan Rujuk
2.            Melakukan pembinaan kehidupan    beragama Islam di Desa / Kelurahan.

RINCIAN TUGAS  PEMBANTU PENGHULU

DALAM MEMBANTU PELAYANAN NIKAH/RUJUK


1.                Pembantu Penghulu di luar Jawa atas nama Penghulu dapat mengawasi nikah dan menerima pemberitahuan rujuk.
2.                Pembantu Penghulu di Jawa dapat membantu mengantar anggota masyarakat  di wilayahnya yang berkepentingan dengan KUA Kecamatan yang mewilayahi dalam hal pemeriksaan nikah dan atau rujuk tersebut dalam buku menurut model N-10 dan R-2.
3.                Pembantu Penghulu dapat membantu Penghulu untuk menerima pemberitahuan kehendak nikah, memeriksa calon suami, calon isteri dan wali nikah tentang halangan pernikahan menurut model NB.
4.                Pembantu Penghulu di luar Jawa membuat daftar pemeriksaan nikah rangkap 2.
5.                Pembantu Penghulu membuat salinan dari daftar kedua,apabila lembar pertama daftar pemeriksaan nikah hilang dengan berita acara tentang sebab-sebab hilangnya lembar pertama tersebut.  
6.                Pembantu Penghulu membantu tugas Penghulu untuk memeriksa calon suami atau wali nikah yang ada diwilayahnya, dan mengirimkan hasil pemeriksaan tersebut kepada Penghulu atau Pembantu Penghulu tempat pelaksanaan pernikahan.
7.                Pembantu Penghulu membantu tugas Penghulu segera memberitahukan kepada calon suami dan wali nikah atau wakilnya, apabila ternyata dari hasil pemeriksaan terdapat halangan pernikahan menurut hokum Islam atau peraturn perundang-undangan tentang perkawinan dan atau belum dipenuhinya persyaratan / ketentuan dalam pelaksanaan pernikahan.
8.                Pembantu Penghulu membantu tugas Penghulu harus menolak pelaksanaan pernikahan yang ternyata tidak memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.
9.                Pembantu Penghulu membantu tugas Penghulu mengumumkan kehendak nikah yang telah memenuhi persyaratan pernikahan, dengan menempelkan pengumuman menurut model-NC di tempat yang mudah diketahui oleh umum.
10.           Pembantu Penghulu membantu tugas Penghulu untuk memeriksa, meneliti dan  menilai syarat-syarat rujuk.
11.           Pembantu Penghulu membantu tugas Penghulu untuk menasehati suami istri tentang hukum-hukum dan kewajiban suami istri yang berkaitan dengan rujuk.
12.           Pembantu Penghulu  mengisi dan menandatangani daftar pemeriksaan rujuk, apabila pemeriksaan dilakukan di luar KUA Kecamatan dan dihadapan Pembantu Penghulu (model RB dibuat rangkap 2. ).
13.           Pembantu Penghulu membuat salinan daftar model RB lembar kedua,apabila lembar pertama model RB hilang atau rusak, dengan berita acara yang menerangkan sebab-sebab lembar pertama tersebut hilang atau rusak.
14.           Pembantu Penghulu menggunakan daftar pemeriksaan nikah dan daftar pemeriksaan rujuk.
15.           Pembantu Penghulu membantu tugas Penghulu untuk mencatat daftar pemeriksaan nikah,akta nikah, buku nikah, buku pendaftaran cerai talak, buku pendaftaran cerai gugat, daftar pemeriksaan rujuk, buku pencatatan rujuk dn kutipan buku pencatatan rujuk serta formulir-formulir lainnya yang telah dibakukan.
16.           Pembantu Penghulu membantu tugas Penghulu untuk membacakan hal-hal yang dicatat dihadapan yang berkepentingan  dalam pelayanan nikah / rujuk, agar dapat dimengerti kebenaran pencatatan tersebut sebelum penandatanganan formulir.

RINCIAN  TUGAS  PEMBANTU PENGHULU
DALAM PEMBINAAN KEHIDUPAN BERAGAMA ISLAM

1.         Mengurusi kegiatan BKM.
2.         Mengurusi kegiatan BP4
3.         Mengurusi kegiatan P2A
4.         Mengurusi kegiatan LPTQ
5.         Mengurusi kegiatan ZIS
6.         Merawat jenazah
7.         Dan lain-lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar